Label

Rabu, 18 Agustus 2010

Sejarah Berdirinya HIMASOS

Jurusan Ilmu Sosiologi selalu mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa sebagai bagian dari program kesejahteraan mahasiswa. Beasiswa yang ditawarkan antara lain PPA, BBM, SUPERSEMAR, DJARUM, PEMPROV, dan lain-lain.Jurusan selalu mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam Lomba Karya Tulis Mahasiswa Lomba ini meliputi LKTI, PKM, LPKM, dan lain-lain.
Organisasi kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan wahana pengembangan diri mahasiswa ke arah peningkatan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan atu isu-isu yang muncul dalam lingkungan masyarakat.
Organisasi kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah organisasi kemahasiswaan intraperguruan tinggi yang berkedudukan di dalam kampus .Organisasi kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta terdiri atas:

• Dewan Mahasiswa (DEMA)
• Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
• Unit KegiatanMahasiswa (UKM)
• Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)


Berdasarkan kuantitas anggota, HMJ adalah organisasi yang merupakan dasar dari organisasi-organisasi kemahasiswaan di Universitas Sebelas Maret Surakarta HMJ di lingkungan Fakultas/ Universitas Sebelas Maret Surakarta berfungsi sebagai wadah dan wahana perwakilan mahasiswa di jurusan, sebagai perencana dan pelaksana Garis-Garis Besar Halauan Program Kegiatan (GBHPK) organisasi kemahasiswaan jurusan yang bersangkutan, dan sebagai penampung, penganalisa, dan penyalur aspirasi mahasiswa jurusan yang bersangkutan.

HIMASOSadalah salah satu HMJ di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berdiri pada tanggal 28 mei 1998 mempunyai VISI dan MISI dalam melaksanakan program kerja kedepannya. Adapun Visi HIMASOS adalah unggul dalam mutu dan santun dalam berperilaku disetiap pelaksanaan kegiatan HIMASOS. Sedangkan Misi HIMASOS adalah meningkatkan sumber daya manusia mahasiswa dan mengembangkan eksistensi jurusan SOSIOLOGI meningkatkan kualitas kader yang memiliki intlektualitas dan loyalitas terhadap organisasi. Dalam menjalankan visi dan misi tersebut, HIMASOS selalu menampilkan keunggulan dan dedikasi yang tinggi terhadap segala macam aktivitas keanggotaannya baik itu di lingkungan HMJ itu sendiri atau di lingkungan Unversitas.
Adapun tugas pokok HIMASOS adalah mewakili mahasiswa pada tingkat jurusan di lingkungan lembaga, sebagai perencana dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler (sesuai dengan GBHPK) HMJ yang bersangkutan, sebagai pemberi pendapat, usul, dan saran kepada ketua jurusan yang bersangkutan, terutama yang berkenaan dengan pelaksanaan fungsi dan mencapai tujuan lembaga, membentuk panitia pemilihan dan pelantikan ketua HMJ yang baru untuk masa bakti periode selanjutnya, dan bertanggungjawab kepada ketua jurusan yag bersangkutan.

• Keanggotaan HIMASOS terdiri atas mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada jurusan yang bersangkutan, serta telah mengikuti SCREENING dan UPGREADING Adapun ketentuan kepengurusan HMJ , yaitu :
Kepengurusan HMJ terdiri atas,
STRUKTUR ORGANISASI:
1. Ketua Sekretaris
2. Bendahara
3. Koordinator Bidang
4. Anggota

• Saat ini, terdaftar sebagai mahasiswa aktif angkatan 07 dan 09 dikepengurusan tahun 2010/2011.
• Pengurus terpilih ditetapkan oleh Surat Keputusan Bersama yang diketahui oleh KaJur (Ketua Jurusan) dan Ketua Umum HIMASOS.
• Dalam melaksanakan tugasnya, pengurus bertanggungjawab kepada ketua jurusan dan ketua umum HIMASOS yang bersangkutan.
• Pengurus dilantik Prosedur pemilihan pengurus :
1. Ketika masa kepengurusan berakhir, Ketua umum HMJ melaporkan kepada Musang (Musyawrah Anggota) tentang akan berakhirnya masa jabatannya dan pertangjawabannya.
2. Kemudian Pengurus HMJ membentuk panitia KPRH (Komite Pemilihan Raya HIMASOS) dengan berkonsultasi kepada ketua jurusan.
3. Prosedur dan mekanisme pemilihan Ketua HIMASOS ditetapkan dalam pemilu HIMASOS dengan mengadakan kampanye tertulis dan debat dialogis.
4. Kemudian pemilihan mengadakan rapat pemilihan pengurus melalui midformatur HMJ masa bakti berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, kami menerima saran,tanggapan dan kritik, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam